Binmas Noken Bersama Petani Sawi Wilayah Dogopia Sharing Cara Menungkatkan Hasil Panen.

Papua- Noken bagi warga Papua tidak hanya menjadi alat untuk membawa hasil panen atau barang barang yang dipanggul di pundak atau di dahi, tetapi telah menjadi identitas daripada masyarajat asli Papua. Karena kekuatan dan manfaat Noken telah banyak membantu masyarakat Papua. Begitu halnya satgas Binmas Noken yang ada di Papua. Dibentuk khusus untuk meningkatkan keamanan sekaligus memberdayakan komunitas penggerak ekonomi di Papua, salah satunya melalui program KASUARI (Kesejahteraan untuk anak negeri).

Binmas Noken Korwil Deiyai mengunjungi Spot kebun sawi dan Kol milik warga binaan Ibu Mince Dogopia pada Sabtu, tanggal 11 Desember 2021 Pukul 09.00 WIT bertempat di Wagete I, Distrik Tigi Kab. Deiyai.

Prrsonil Binmas Noken yang hadir antara lain Ipda Frans Maraya, S.Sos (Kakorwil) ,Aipda Semin Pakage (Anggota), Bripka Agustinus Bawan (Anggota)

Team Binmas Noken Res. Deiyai dipimpin KaKorwil Ipda Frans Maraya, S.Sos tiba di lokasi kebun untuk bertemu dengan ibu Mince Dogopia dan menyampaikan maksud kedatangan untuk memantau perkembangan kebun sawi miliknya, karena masuk dalam komunitas petani binaan Binmas Nokrn.

Setelah itu Kakorwil Binmas Noken, Ipda Frans Maraya, S.Sos menyerahkan bantuan bibit sawi dan sembako kepada Ibu Mince Dogopia. “Kami bersama Ibu Mince dogopia berkeliling sekitar kebun melihat perkembangan tanaman tumbuh subur dan saat ini sayur kol sudah bisa dipanen.” Ujar Ipda Frans.

Ibu Mince Dogopia juga menyampaikan responnya atas kegiatan tersebut. “Terima kasih kepada binmas noken yang sudah rutin berkunjung dan memantau kebun kami juga terima kasih telah memberikan bantuan bibit sayur dan sembako kepada kami”. Beliau menyampaikan juga bahwa
Penjualan sayur mereka tidak perlu dibawa ke pasar namun masyarakat sudah mengenal sehingga langsung datang membeli sayur di kebun. Harga sawi 1 ikat senilai Rp 10.000,- dan begitu juga sayur kol satu buah seharga Rp. 10.000,-

“Kami juga menjual bibit sawi dan kol dengan harga Rp. 10.000,- sebanyak 12 bibit”, disampaikan oleh Ibu Mence dengan bangga.

Ipda Frans Maraya, S.Sos juga mengucapkan terima kasih kepada ibu Mince Dogopia yang telah menerima baik kedatangan tim Binmas Noken sekaligus terimakasih karena telah berkontribusi bagi pangan masyarakat di Papua. “Kami sangat mendukung usaha kebun ibu mince dan dapat menjadi contoh kepada masyarakat lain untuk berusaha.”

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *