Kegiatan SI IPAR dari binmas Noken Dekatkan Polisi dengan Anak PAUD Koya Timur

Papua- Sektor pemolisian masyarakat seringkali menjadi hal yang luput dari lensa media. Di wilayah Papua, community policing atau pemolisian masyarakat merupakan program unggulan Binmas Noken di Papua. Selain mendorong perkembangan masyarakat, juga menambah pengetahuan dan kemampuan masyarakat seputar kamtibmas.

Sektor ekonomi, pendidikan, budaya, agama, pertanian, peternakan dll merupakan alat bagi Binmas Noken untuk bekerjasama bersama masyarakat. Salah satu program Binmas Noken Kota Jayapura adalah SI IPAR atau Polisi Pi Ajar. Program ini hadir bagi anak anak sekolah di Papua. Membiasakan berjumpa dengan aparat akan membuat anak anak terekspose nilai nilai disiplin, kepahlawanan, serta nasionalisme karena dikenalkan dengan Pancasila dan lagu-lagu kebangsaan.


Binmas Noken Wilayah Kota Jayapura pada Sabtu, 04 Desember 2021, Pukul 10.00 WIT s/d 12.00 WIT melaksanakan kegiatan “SI – IPAR” bersama anak – anak usia dini Kelurahan Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Personil Satgas Binmas Noken Wil. Kota Jayapura yang hadir yaitu AIPDA Nurdin Makuasang. Kunjungan dilaksanakan di Panti Asuhan Kasih Sejahterah Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura.

Diawali dengan memperkenalkan diri dan menyampaikan maksud dan tujuan Binmas Noken Hadir di tempat tersebut.
Selanjutnya .engajak dan mengajarkan anak – anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar yang berada di Panti Asuhan Kasih Sejahterah untuk selalu mencintai Tanah air Indonesia;  mengenal Dasar Negara Indonesia yaitu Pancasila.

Salah satu caranya adalah dengan mengajak anak anak untuk mengucapkan 5 Dasar Pancasila ( Sila Pertama samapai Sila Kelima ) dan menyampaikan simbol – simbol dan makna dari lima sila tersebut.

Tidak hanya itu, AIPDA Nurdin juga mengajarkan cara menghitung dalam perkalian angka dengan cara yang mudah; mengadakan GAME ( Permainan ), yaitu dwngan berbentuk lingkarang dan saling berhadapan serta tetap saling berpegang tangan tanpa dilepas. Dan mengubah posisi menjadi saling berbalik belakang.


Kegiatan berlangsung dengan gelak tawa anak anak panti asuhan Kasih Sejahtera. Di pangi tersebut terdapat 85%  anak – anak aselu wilayah Papua dari pegunungan, dan yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar berjumlah 21 Orang, dengan Pengasuhnya Ibu Pdt. Lince Lamba.

Kegiatan diahiri dengan pembagian snack dan alat tulis bagi anak – anak. Keceriaan dari anak anak tergambar saat pengambilan foto bersama Personol Binmas Noken

Adanya hubungan komunikasi yang baik antara Satgas Binmas Noken dengan Anak – anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar  di Panti Asuhan Kasih Sejahterah Koya Timur Distrik Muara Tami Kota Jayapura membuat Pdt. Lince Lamba sebagai pengasuh anak – anak tersebut, mengucapkan terimakasih kepada Pers. Binmas Noken yang telah datang mengisih waktu dalam mengajar anak – anak.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *