Silaturahmi Binmas Noken Sugapa Kepada Pendeta Gereja Kingmi Tigamajigi dan Hitadiipa dari Kampung Joparo

Papua- Pendekatan secara persuasif dan humanis kepada para tokoh masyarakat terus dilakukan oleh Binmas Noken untuk meminimalisir hal-hal yang dapat menggangu situasi keamanan di Distrik Sugapa Kab Intan Jaya. Karena masih adanya ancaman dari KKSB kelompok Undius Kogoya kepada Aparat Keamanan dan masyarakat pendatang.
Binmas Noken wilayah Intan Jaya membangun relasi baik dengan tokoh agama Kristen dari Kampung Joparo Distrik Sugapa yaitu Pendeta Barnabas Kobogau. Hal ini terlihat pada saat Pendeta Barnabas mengunjungi Polsek Sugapa pada Selasa 19 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIT.


Pendeta Barnabas menjumpai personil Binmas Noken antara lain IPDA Arisandi Tancoma, SH (Korwil), IPDA Engel Mayor, AIPDA Mansur Udin, BRIPTU Agung Purnama untuk menanyakan situasi di Kampung Joparo dan bagaimana kegiatan masyarakat di kampung Joparo Distrik Sugapa Kab. Intan Jaya.Kunjungan tersebut merupakan salah satu upaya agar masyarakat yang berada di kampung Joparo tidak terprovokasi dengan isu yang tidak benar serta tidak ikut dalam kegiatan yg dapat merugikan diri sendiri.

Kepada Bpk Pendeta Barnabas Kobogau korwil Binmas Noken menyampaikan terkait saudara Sem Kobogau yang hilang Bpk Barnabas Kobogau sebagai tokoh Agama dan juga sebagai keluarga dari Saudara Sem Kobogau bisa menyampaikan kepada keluarga dan jemaat agar permasalahan ini serahkan kepada pihak TNI/POLRI. Dalam hal ini POM TNI sudah melakukan penyidikan terhadap anggota TNI dan jika terbukti bersalah maka akan dikenakan sangsi hukum sesuai dengan hukum Militer, untuk itu kami harapkan keluarga,masyarakat tetap menunggu hasil penyidikan dan bisa menahan diri untuk tidak melakukan hal-hal yang dapat melanggar hukum.

Jika ada permasalahan atau persoalan dikampung Joparo yang berpotensi menjadi perang suku atau perang saudara, pihak Binmas Noken meminta agar Bpk Pendeta sebagai tokoh Agama bisa bersama-sama dengan tokoh lainnya untuk dapat menyelesaikan permasalahan tersebut.
Tanggapan dari Bpk Pendeta Barnabas Kobogau adalah bahwa di kampung Joparo Distrik Sugapa “Sekarang pada umumnya aman dan kondusif, masyarakat melakukan kegiatan seperti biasa yaitu membuat rumah, mambuat pagar, bertani namun kampung Joparo juga merupakan tempat perlintasan dan persinggahan dari kelompok dalam. Masalah saudara Sem Kobogau kami pihak keluarga tidak akan berbuat hal-hal yang dapat melanggar hukum dan kami serahkan kepada pihak POM TNI.”

Kunjungan tersebut diahiri dengan pemberian bingkisan sembako kepada Bpk Pendeta Barnabas Kobogau sebagai ungkapan terimakasih atas kesukarelaan beliau dan kepedulian untuk menjaga kamtibmas tetap kondusif.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *