Perhatian Binmas Noken Tolikara Pada Produk Pertanian dan Perkebunan Masyarakat Melalui Program KASUARI

Papua- KASUARI atau Kesejahteraan Untuk Anak Negeri sesungguhnya merupakan alat/tools Binmas Noken untuk mengoptimalkan kesejahteraan anak negeri melalui pengelolaan hasil bumi agar bermanfaat dan bernilai ekonomi tinggi. Sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat asli Papua.

Program ini dijalankan oleh Binmas Noken Tolikara di bawah asuhan Iptu Widada dan anggota-anggotanya yaitu Brigpol Petrus Hamokwarong, Briptu Yordan P. Bonay, Bripka Rambo D. Womsiwor., Briptu Pilipus Samtai., Bripda Derek Letlora., Bripda Fadil. Program tersebut dilaksanakan pada Kamis, 21 Oktober 2021 Pukul 09.00 WIT di Desa Ampera, Dist. Karubaga, Kabupaten Tolikara.

Pada pelaksanaannya, Tim Binmas Polri berjumpa dengan Bpk Frans Kogoya dan Bpk Wemin Kogoya dkk selaku petani penggarap kebun. Setelah bertemu, tim Binmas Noken memperkenalkan diri sekaligus mengajak Bpk Frans Kogoya dan Bpk Wemin Kogoya serta Warga masyarakat Tani untuk mengoptimalkan dalam memanfaatkan lahan kebun untuk Budidaya aneka tanaman sayur mayur dan Palawija.

Upaya yang dapat digunakan dalam meningkatkan budidaya pertanian antara lain dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan yang diolah secara baik melalui pemupukan maupun dengan menambah luas lahan misalnya dengan membuka kebun baru. Atau bisa juga dengan menanam beberapa jenis komoditas dalam satu musim tanam disatu lokasi, yang masa panennya relatif bersamaan seperti tanaman kacang tanah dan jagung.

Melalui sistem tumpang sari yaitu menanam jenis tanaman selingan diantara tanaman pokok, yang masa panennya berbeda, seperti menanam sawi, kangkung atau bayam diantara tanaman jagung atau ubi jalar.

Penjelasan tersebut mendapat tanggapan dari Bpk. Wemin Kogoya, “Kami mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kepedulian Tim Satgas Binmas serta akan mendukung Program Kasuari ini. Adapun dalam usaha budidaya pertanian ini kami bersama Warga dan kelompok Tani lainnya sudah memanfaatkan lahan dan pekarangan untuk bercocok tanam.”

Bapak Wemin Kogoya juga menjelaskan terkait bantuan Bibit dari Satgas Binmas beberapa waktu yang lalu sudah ada hasil, jagung dan sayuran sudah dapat dipanen dan sebagian telah disemai untuk dijadikan bibit untuk masa tanam berikutnya. Saat ini kelompok tani wilayah tersebut sedang mempersiapkan bedeng bedeng.
Kegiatan ditutup dengan Tim Satgas Binmas menyerahkan sarkon berupa bibit Sayuran dan Paket Sembako yang diterima oleh Bpk Wemin Kogoya.

Pada kunjungan tersebut didapati bahwa Bpk. Frans Kogoya dan Bpk Wemin Kogoya serta Warga Tani telah dan akan memanfaatkan lahan secara maksimal dan berkesinambungan. Warga masyarakat sebagai Kelompok Tani paham dengan memanfaatkan lahan dan pekarangan yang dikelola dengan baik untuk bercocok tanam bisa mendatangkan pendapatan untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan sebagian disimpan untuk bibit. Kelompok Tani merasakan kehadiran Personil Satgas Binmas dilapangan merupakan bentuk kepedulian dan Empati Aparat terhadap Warga masyarakat. Warga masyarakat bersedia menjadi Mitra Polri dalam menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *