Lewat “TIFA” Binmas Noken Yapen Berharap “MASDARWIS”

Yapen – Dalam mensukseskan program TIFA (Torang lnsan Faham Adat) milik Binmas Noken Polda Papua. Bhabinkamtibmas Polres Kepulauan Yapen Aipda Munawir dari fungsi Satpolairud menyambangi masyarakat dan para pemuda di Kampung Sarawandori II.

Giat sambang kamtibmas pada pesisir pantai ini, Bhabinkamtibmas bersama masyarakat dan pemuda melakukan pembersihan pada lokasi pariwisata yaitu sepanjang pantai mioka atau yang di kenal dengan pantai sarawandori, di mana pantai ini tidak pernah sepi dari kunjungan masyarakat karena keindahan pantai pasir yang putih serta melakukan perawatan rumah singah ( pondok ) dengan mengecat tiang pondok serta pemasangan hiasan di sertai berbagai tulisan-tulisan himbauan saling menjaga kebersihan pantai guna mendukung pengembangan pariwisata menjadi pelopor Masyarakat Sadar Wisata ( Masdarwis ).

Dalam sambang ini, Aipda Munawir mengajak masyarakat setempat maupun pengunjung untuk selalu menjaga kebersihan, keindahan, kesehatan serta keasrian panorama pemandangan laut dan pantai yang masih alami, karena ini merupakan aset yang sangat berharga bagi masyarakat yang tinggal di areal tersebut untuk mendapatkan penghasilan melalui retrebusi maupun usaha lapak dagang ( UKM ) dari masyarakat kepulauan yapen yang datang untuk berekreasi di wilayah ini.

“jika menjaga kebersihan pantai dengan baik, apalagi di saat kunjungan masyarakat yang berekreasi bersama keluarga mereka akan terasa nyaman, secara tidak langsung masyarakat mempromosikan lewat medsos mereka dengan berfoto, masyarakat setempat juga bisa mendapatkan penghasilan dari retribusi maupun jualan-jualan kecil yang di jual di sini”.tandas Aipda Munawir.

Di tambahkan Aipda Munawir, ada satu tulisan yang dirinya tempel pada satu papan kecil dengan bertulisan “cinta membawa luka sampah membawa bencana ” yang artinya bila kita tidak menempatkan sesuatu tidak pada aturan atau tempatnya maka kita akan mendapatkan petaka. tegasnya.

Sementara itu, Maikel karubaba Kepala Kampung Sarawandori II merasa sangat senang dengan kunjungan bhabinkamtibmas tersebut, karena di nilai sangat peduli kepada masyarakat yang tinggal di seputaran pantai guna selalu menjaga kebersihan, kesehatan, kelestarian ekosistem, dengan harapan kepada masyarakat sekitar dan masyarakat secara umum bisa bersama-sama menjaga kelestarian pantai sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“kami senang bapak polisi sangat peduli dengan pantai ini, tentunya akan bersama-sama terus menjaga pantai ini dengan baik, selalu menjaga kebersihan pantai dan kelestarian ekosiatem pantai”.pungkasnya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *