Bina Anak Papua, Binmas Noken Polri Pamerkan Karya Olahan Beras Sagu

 

Beras Sagu, Olahan Anak Muda Papua

Satgas Binmas Noken memamerkan Karya Kreatif Olahan bahan makanan dari Sagu yang dibuat menjadi bermacam-macam makanan. Salah satunya olahan sagu menjadi beras.

Karya kreatif olahan sagu ini merupakan hasil binaan Binmas Noken Polri terhadap anak-anak asli Papua yang dipamerkan di halaman kantor Polda Papua, Selasa (3/3/21).

Kasatgas Binmas Noken Kombes Pol Jermias Rontini mengatakan, olahan sagu tersebut merupakan perwujudan program Presiden RI terkait ketahanan pangan dan juga untuk memajukan potensi-potensi yang dimiliki oleh anak-anak Papua.

Kini sagu tak hanya diolah menjadi Papeda tetapi juga dapat diolah menjadi bermacam- macam produk olahan makanan.

Fanny, salah satu putri Papua (pengunjung) yang hadir dalam pameran tersebut merasa bangga dan senang dengan hasil karya kreatif olahan sagu itu.

“ada Nasi Sagu Uduk Papua, Nasi Sagu Kebuli, Nasi Sagu Briyani, dan olahan makanan lain dari sagu seperti minuman boba, kue kering, dan kerupuk pangsit, ini semua enak-enak, luar biasa sekali,” kata Fanny.

Sementara itu, Anggota Majelis Rakyat Papua (Pokja Adat) Edison Tanati yang hadir pada kegiatan tersebut menyebut bahwa produk lokal hasil karya anak Papua ini sangat luar biasa, Hal ini yang diharapkan sehingga bisa meningkatkan kearifan lokal demi kesejahteraan masyarakat Papua.

“ini yang dinamakan dengan Papua bangkit, Mandiri dan sejahtera. MRP akan melaporkan ke pimpinan untuk memperhatikan produk kearifan lokal ini agar kedepan dapat diproduksi sehingga dapat menumbuhkan ekonomi masyarakat Papua.” Ungkap Edison Tanati.

Dikesempatan yang sama, Orpa Nari selaku Sekretaris Pokja Perempuan MRP mengapresiasi dan mengharapkan produk lokal dari sagu ini harus terus dikembangkan sehingga bisa menjadi pendapatan ekonomi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *