Dialog Interaktif : Binmas Noken Polri Hadir Mengembangkan SDM OAP Di Papua

Mimika – Bertempat di Radio Publik Mimika (RPM) Binmas Noken Polri hadir dalam giat acara Coffe Break Bersama Prof. J. Kristiadi dan Prof. Dr. drg. Regina Titi Christinawati Tandelilin, M.Sc yang diundang dari Jakarta, dan tak lupa Kasatgas Binmas Noken Kombes Pol. Eko Rudi Sudarto juga turut hadir dan mendampingi dalam kegiatan diskusi yang bertemakan Pengembangan Sumber Daya Manusia Di papua dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pemberdayaan ekonomi, Kamis (28/11).

Dalam kali ini prof. J kristiadi memberikan penjelasan tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia di Papua, yaitu untuk pendidikan di Indonesia khusus papua sangat besar, dimana ada dana otsus dengan dua tujuan utama, pendidikan dan kesehatan, dalam hal ini untuk persoalanya adalah mendidik masyarakat dan anak muda tidak mudah, karena orang tua harus ikut berperan dalam mendidik anaknya, serta memanajemen rumah tangga tidak sama dengan manajemen kantor, bagaimana bisa mendidik anak dengan terkonsep betul, melalui internet dan youtube, serta hal lain bagaimana negara ini bisa mendidik keberagaman, menyaksikan dengan cara pendidikan seperti yang sudah dicontohkan oleh binmas noken, serta peran binmas noken kali ini sangat besar, antara lain mendidik anak-anak kecil bagaimana cara mengerti menjadi orang indonesia, dan ini adalah cara pendekatan kepada anak-anak untuk mengerti tentang arti rasa nasionalisme Indonesia.

“Binmas noken ini tidak banyak teori namun banyak melakukan pendekatan, Melalui karakter masing-masing anak, selain hal itu Harus melakukan pola pendidikan vokasi untuk anak-anak papua, Contoh saja Billy mambrasar anak muda papua yang luar biasa, menjadi staf presiden yang sangat menjanjikan karena dengan segudang prestasi yang diraih oleh anak muda ini. Kalau negara bangun papua, bangun orang papua bisa dan oap mau,” Ucap Prof. J. Kristiadi.

Tidak hanya membahas masalah Pendidikan, kali ini Prof. Dr. Drg. Regina juga mengatakan bidang kesehatan, bahwa kesehatan di papua khususnya butuh perhatian khusus, harus melalui sentuhan, dan apresiasi luar biasa dari TNI-Polri yang membantu pemerintah untuk memberdayakan masyarakat, semata untuk membangun SDM yang unggul di Papua. “Teman-teman dari polri ini memang luar biasa terutama di bidang Pendidikan polisi pi ajar, seperti yang dikatakan pak kris betul, dan
saya sangat tersentuh dangan pengajaran yang dilakukan oleh tim binmas noken, memberi contoh bagaimana cara menggosok gigi dengan benar. Agar menjaga kesehatan masing-masing dari anak-anak Papua” kata Prof. Dr. Drg. Regina.

Dan Kombes Pol Dr. Eko Rudi Sudarto juga menambahkan terkait mekanisme binmas noken di papua bahwa menurutnya semua konsep di Papua adalah tujuan kesehjateraan OAP, kesehatan, pendidikan dan sebelum ada konsep binmas noken dipapua, dulu ada Namanya binmas pioner, dan ada binmas kemitraan yang kedepanya akan lebih di kembangkan untuk kesehjateraan OAP, “Program binmas noken pertama melakukan pelatihan awal, serta mensaratkan beberapa agenda,dan target anak-anak menjadi sasaran utama karena sangat rentan dengan keadaan, konsep belajar dan bermain bagi anak-anak mendapat respon dan animo yang luar biasa,”
“Dan tahun ke dua program binmas noken, yang sudah berjalan agar dijaga untuk kontribusi di masyrakat, overal bagaimana masyarakat bisa produktif dan membantu ciptakan keamanan di Tanah Papua,” Tutur Kombes Pol Dr. Eko Rudi.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.