Binmas Noken Polri Gelar Sosialisasi dan Pembinaan Ternak Babi di Petrosea Kabupaten Mimika

Mimika – Bertempat di spot peternakan babi Jln Sp2 Petrosea Kabupaten Mimika, Binmas Noken Polri menggelar kegiatan Sosialisasi dan pembinaan ternak babi yang diikuti oleh masyarakat binaan hingga kepala suku dari beberapa wilayah yang juga ikut mengikuti kegiatan tersebut, Senin (9/9).

Kegiatan sosialisasi diawali dengan sambutan oleh AKBP Bagiyo selaku kaposko binmas noken yang mengatakan kita disini akan mensosialisasikan cara beternak babi dengan cara-cara yang dibawakan oleh ibu Ningsih dari wonogiri dan akan mempraktekan langsung dengan babi yang sudah ada dikandang cara pemberian makan. “Program binmas noken polri membantu masyarakat kabupaten mimika dengan program-program unggulan kami seperti peternakan, pertanian, hingga pendidikan” kata AKBP Bagiyo.

Setelahnya beberapa sambutan yang diberikan oleh AKBP Bagiyo, dilanjutkan dengan ibu Ningsih, selaku narasumber yang diundang langsung oleh binmas noken untuk menyampaikan dan memberikan ilmu dalam mengolah dan merawat ternak babi, dalam kesempatannya ibu Ningsih menjelaskan cara memberikan pakan ternak dari usia babi kecil 8 Minggu hingga dewasa
Serta menjelaskan pakan babi mempunyai kandungan protein 4 % untuk babi dewasa jikalau cara penakaranan makan dengan benar. Dan penjelasan lanjut untuk babi berusia 8 Minggu diberikan ukuran pakanya 0,25 perkilo sehari, pagi dengan sore.

Setelahnya penjelasan dari ibu Ningsih, dilanjutkan dengan praktek cara mencampur makanan dari dedaunan yang sudah disiapkan dan dicampuri dengan gula merah dan garam, untuk menghasilkan pakan yang baik dan kandungan protein tinggi, didiamkan selama 6 hari untuk hasil maksimal. Dengan digelarnya kegiatan sosialisasi dan pembinaan ternak babi oleh binmas noken diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan produktivitas masyarakat Papua dalam hal mengolah pakan dan merawat babi dengan benar, sehingga masyarakat timika mendapatkan kesejahteraaan dari program-program binmas noken yang sudah dilaksanakan dibeberapa wilayah mimika dan kabupaten lainya.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.