Pendampingan Binmas Noken Polri Dalam Pelatihan Kepada Masyarakat Kelompok Ternak Madu Kabupaten Keerom

Binmasnokenpolri.com – Bertempat pada spot ternak lebah madu binaan binmas noken polri, kampung Saefen 4-2 distrik Skanto kabupaten Keerom, binmas noken melaksanakan pendampingan saat pelatihan kepada masyarakat kelompok ternak lebah madu yang bertujuan memberdayakan masyarakat dalam berternak lebah madu dengan harapan dapat meningkatkan kreativias masyarakat serta meningkatkan ekonomi masyarakat.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 13 orang yang mana terdiri dari kepala desa kampung saefan 4-2, ketua kelompok ternak lebah, ondo afi kampung Saefan 4-2, serta para masyarakat kelompok ternak lebah madu. Pelatihan berlangsung selama 4 hari dan materi yang diberikan pun beragam. Pada hari pertama perlatihan materi yang diberikan ialah materi dasar yang penting untuk diketahui peternak, yakni memperkenalkan asal usul koloni lebah yg dikembangkan, memperkenalan bagaimana pola hidup koloni lebah madu, memberikan informasi tentang struktur klasifikasi pembagian tugas kerja lebah dalam koloni serta memberikan informasi lingkungan atau area sebagai penunjang hidup koloni lebah.

Tak hanya sampai disitu, pelatihan terus dilanjutkan keesokan harinya dengan materi yang berbeda. Pada pertemuan kedua, materi yang diberikan ialah mengenalkan nama-nama serta fungsi alat-alat kerja yang nantinya akan digunakan saat perawatan ternak lebah madu, memberikan contoh pada masyarakat dalam melaksanakan pembersihan box kolini serta memperkenalkan kendala-kendala atau hama yang nantinya akan ditemui oleh para peternak juga cara mengatasinya.

Dilanjutkan hari ke 3 hingga ke 4 dengan materi-materi lebih menjurus pada bagaimana cara merawat ternak lebah madu dan bagaimana cara memanen hasil dari ternak lebah madu itu sendiri.

Masyarakat terlihat sangat antusias dengan pelatihan yang diberikan. Mungkin karena ternak lebah madu merupakan hal yang baru bagi masyrakat kampung Saefen 4-2 distrik Skanto kabupaten Keerom. Masyarakat juga mengucapkan banyak terimakasih kepada tim binmas noken polri yang sudah hadir dan meluangkan waktunya dalam memberikan pelatihan kepada masyarakat kampung Saefen 4-2 .

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Comment moderation is enabled. Your comment may take some time to appear.