Masyarakat Papua Semakin Handal Dalam Bertani, Binmas Noken Terus Melakukan Pendampingan Kepada Masyarakat Papua

Binmasnokenpolri.com – Bertempat di spot pertanian kampung Musaima II distrik Hubikiak kabupaten Jayawijaya (26/03/19), telah dilaksanakan pendampingan oleh personil Binmas Noken dalam penyemaian bibit sayur mayur dan pembuatan bedeng mulsa kepada kelompok-kelompok tani.

Tujuan dari penyemaian benih atau bibit sayur adalah untuk mengurangi kematian akibat tanaman yang belum siap dengan kondisi lapangan, baik itu melindungi dari cuaca ataupun gangguan lainnya.

proses penyemaian sendiri membutuhkan tempat dan perlakuan khusus (terpisah dengan areal tanam). Media yang digunakan berupa tray, tercetak, polybag atau bendengan biasa.

Dalam kesempatan ini, Binmas Noken mengajarkan masyarakat kelompok tani bagaimana cara penyemaian bibit sayur dengan menggunakan media “bendeng tanam standar pola mulsa”. Hal ini merupakan hal yang baru terutama bagi masyarakat kelompok tani kampung Musaima II sehingga masyarakat sangat antusias, semangat serta menyimak dalam pembuatan bendeng. Dengan cekatan, masyarakat kelompok tani langsung mempraktekan pembuatan bedeng tanam sebanyak 3 bedeng dengan ukuran masing-masing 1X25 meter.

Bibit-bibit sayur yang disemai jenisnya beragam yakni, Bibit Bawang merah, Bibit cabai keriting, Bibit Sawi selobor, dan Bibit terung ungu

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *