RESUME BUKU: The World is flat by. Thomas Friedman


RESUME BUKU:
The World is flat by. Thomas Friedman

Dalam buku karyanya, The World Is Flat, Friedman mengatakan bahwa dunia ini didatarkan oleh konvergensi 10 peristiwa utama yang berhubungan dengan politik, inovasi dan perusahan. Perkembangan cepat yang membuat manusia menjadi semakin sibuk, semakin dapat melihat satu dengan yang lain meskipun dalam belahan bumi yang berbeda.
Peradaban dunia semakin lama kian berubah, perubahan peradaban dunia menurut Thomas Friedman terjadi dari berbagai bentuk peristiwa. Menurut Thomas Friedman, bahwa dunia ini semakin datar. Globalisasi semakin merata membawa pada jarak antar negara kian lama kian dekat. Ketika kita tidak sadar, terjadi gerakan globalisasi yang terus-menerus berkembang. Globalisasi yang diartikan sebagai dunia tanpa tapal batas (borderless world) semakin menjadi nyata. Apapun dapat diselesaikan di tempat yang jauh di luar batas negaranya.
Menurut Friedman, rentangan argumen sejarah yang ada dapat menyimpulkan munculnya 3 (tiga) wilayah globalisasi, yaitu: Globalisasi 1: yang berlangsung sejak 1492 ketika Columbus membuka perdagangan antara Dunia Lama dan Dunia Baru hingga sekitar tahun 1800. Pada masa ini, negara maupun pemerintah yang biasanya dipicu oleh agama, imperialisme atau gabungan keduanya mendobrak dinding dan menjalin dunia menjadi satu hingga terjadi penyatuan global. Globalisasi 2 berlangsung dari sekitar tahun 1800 hingga 2000 dengan diselingi oleh Masa Depresi Besar dan Perang Dunia I dan II. Pelaku utama dalam proses penyatuan global ini adalah perusahaan multinasional. Perusahaan-perusahaan ini mendunia demi pasar dan tenaga kerja yang dipelopori oleh Revolusi Industri. Proses penyatuan global dimotori dengan jatuhnya biaya transportasi berkat mesin uap dan kereta api serta jatuhnya biaya telekomunikasi berkat telegraf, telepon, PC, WWW, satelit dan serat optik. Kekuatan di balik globalisasi masa ini adalah terobosan di bidang perangkat keras berawal dari kapal uap dan kereta api hingga telepon dan komputer. Globalisasi 3 dimulai sekitar tahun 2000. Motor penggerak Globalisasi 3 adalah kekuatan baru yang ditemukan untuk bekerja sama dan bersaing secara individual dalam kancah global. Proses penyatuan global masa ini memungkinkan, memberdayakan, dan melibatkan individu serta kelompok kecil untuk dengan mudah  dan mulus menjadi global dengan sebutan ‘tatanan dunia datar’ (flat-world platform). Tatanan dunia datar adalah konvergensi (penyatuan) antara komputer pribadi yang memungkinkan setiap individu dalam waktu singkat menjadi penulis materi mereka sendiri secara digital, serat optik yang memungkinkan mereka untuk mengakses lebih banyak materi di seluruh dunia dengan murah juga secara digital, serta work flow software (perangkat lunak alur kerja).
Globalisasi dimaknai sebagai hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia. Unsur-unsur globalisasi adalah unsur sosial, politik, ekonomi, teknologi, dan bisnis. Globalisasi awal dari dunia menjadi datar, akan semakin didatarkan lagi dengan kedekatan jarak antara negara, sehingga jarak antar negara akan semakin disempitkan menggunakan teknologi komunikasi, sehingga jarak tidak lagi dirasakan menjadi hambatan dalam melakukan komunikasi. Dengan mekanisme inilah Friedman mengistilahkan dunia manjadi semakin datar (the world is flat). Dalam bukunya, Friedman menandai 10 (sepuluh) peristiwa penting sebagai fenomenanya, yaitu:

1. Runtuhnya tembok Berlin

Pada 11/9/89 adalah Runtuhnya tembok Berlin. Runtuhnya tembok yang memisahkan Jerman Timur dan Jerman Barat ini mengubah tata pemerintahan, tata ekonomi, sosial yang ada di Negara tersebut, yang juga membawa dampak pada Negara lain. Runtuhnya tembok ini semakin membuka jendela-jendela dunia. Pada kisaran tahun itu pula Negara soviet runtuh, terpecah menjadi Negara-negara kecil. Runtuhnya Tembok Berlin mempengaruhi kekuasaan di seluruh dunia ke arah pemerintahan yang demokratis, berlandaskan konsensus dan berorientasi pasar bebas, serta meninggalkan dukungan terhadap pemerintahan otoriter yang menerapkan perekonomian terkendali secara terpusat. Runtuhnya Tembok Berlin tidak hanya mendatarkan pilihan ke arah kapitalisme pasar bebas dan membebaskan energi yang terkungkung bagi jutaan orang di berbagai tempat seperti Brazil, India, China dan negara-negara bekas Soviet. Kejadian itu juga memungkinkan kita berpikir tentang dunia dengan cara yang berbeda yaitu melihatnya lebih sebagai sesuatu yang utuh tanpa sekat.

2.
Digunakannya browser Netscateuntuk umum
Pada kisaran tahun 95an PC-windows beralih ke internet platform, dimana mulai menggunakan protocol untuk melakukan koneksi ke internet. Dari sinilah muncul Windows berbagai versi, dan yang terkenal adalah Windows 3.0, 3.11 dan seterusnya. Dengan Windows’s inilah Microsoft mulai menguasai pasar sistem operasi PC dunia. Pada tahun ini pula muncul teknologi internet yang dapat digunakan untuk umum, dari sini pulalah muncul konsep WWW (World Wide Web). Seiring dengan konsep ini munculah Netscape Navigator. Natscape adalah browser yang pertama dan utama untuk membuka layanan internet. Namun riwayat netscape kini sudah almarhum, tahun 2008 yang lalu, karena netscape sudah tidak di support lagi oleh AOL selaku pemilik Netscape Navigator.
Dengan menggunakan teknologi ini banyak perusahaan atau institusi beralih ke teknologi internet platform. Semua perusahaan memiliki alamat web site. Web site digunakan untuk melakukan komunikasi dan promosi produk. Perusahaan membuat, mengorganisasi, menghubungkan (link) dokumen yang mereka miliki menjadi dokumen digital. Layanan ini memudahkan kolega atau orang lain untuk memahami isi dari sebuah perusahaan.
Sebagai penunjang komunikasi perusahaan mulai melakukan digitalisasi dokumen. Semua dokumen pendukung perusahaan ramai-ramai mulai dirubah ke arah digital, agar mudah dibaca dan dikirim ke semua orang yang membutuhkan document.
Untuk menunjang pengiriman dokumen ini, maka munculkan pengembangan protocol-protokol yang bertugas untuk mengirimkan pesan/data. Protocol-protokol yang terkenal adalah FTP, HTTP, SSL, SMTP, POP, and TCP/IP.
Secara singkat FTP kependekan dari file transfer protocol yaitu protocol yang digunakan untuk melakukan pengiriman/penerimaan file. SMTP/POP kepanjangan dari send message transfer protocol post office protocol adalah protocol yang digunakan untuk melakukan komunikasi berbasis email (surat menyurat); SSL kependekan dari secure socket layer: layer atau lapisan yang digunakan untuk berkomunikasi agar komunikasi tersebut tidak dapat diterjemahkan oleh “orang lain” yang juga ikut mendengar. Mengapa ini dilakukan karena biasanya satu jalur bias digunakan oleh banyak orang. TCP/IP kepanjangan dari Transfer control protocol/internet protocol adalah salah satu jenis protokol yg memungkinkan komputer melakukan komunikasi dan bertukar data didalam suatu network (jaringan). Merupakan himpunan aturan yang memungkinkan komputer untuk berhubungan antara satu dengan yg lain, biasanya berupa waktu/barisan/pemeriksaan error saat transmisi data.
Pada saat bersamaan jaringan fiber optic mulai dibangun dimana-mana, jaringan fiber optic ini dapat membantu proses percepatan informasi yang aman, karena tidak terganggu cuaca, petir dengan kemampuan mengirimkan data yang sangat besar.
3. Workflow Software
Workflow softwareadalah inter operable system, dimana sistem dapat di kerjakan atau dijalankan secara bersama dari berbagai tempat tanpa harus menghiraukan jarak mereka, mengijinkan aplikasi untuk melakukan hubungan dengan aplikasi lain.  Standardrisasi format pengembangan bahasa misalnya seperti XML, dengan menggunakan standarisasi pekerjaan dapat dilakukan oleh siapapun yang kompeten sehingga pekerjaan menjadi murah dan mudah. Dunia semakin datar dengan adanya tuntutan Otomatisasi. Otomatisasi seluruh proses kerja menjadi kebutuhan yang sangat mutlak, karena dengan semua serba otomatis campur tangan manusia menjadi jauh lebih berkurang.


4. Open Source
Open source dapat dihapami sebagai sumber yang terbuka, atau sumber bebas. Dimana sistem atau aplikasi yang dibangun dapat dilihat source code atau sumbernya. Sehingga dengan demikian siapapun diperbolehkan untuk mengubah, menambah atau mengurangi isi dari source code tersebut sesuai dengan kebutuhan masing-masing, namun hak cipta source code tetap milik pembuat pertama kali. Misalnya hak cipta sistem operasi linux masi tetap dimiliki oleh Linux Torvald. Keunggulan dari konsep ini adalah software bersifat gratis dapat di download dan diperbanyak (copy) oleh siapapun. Kelemahan sistem opensource adalah tidak mendapatkan dukungan dari penciptanya secara gratis. Jika ingin mendapatkan dukungan software harus membayar jasanya.
Konsep opensource juga dapat dipahami sebagai pengembangan sistem atau aplikasi secara bersama-sama (opensource collaboration). Pengembangan sistem atau aplikasi dikembangkan dari berbagai penjuru dunia dengan tetap membuka codenya.
Diawali oleh sistem Operasi Linux, maka munculah sitem maupun aplikasi-aplikasi yang bersifat opensorce, misalnya openoffice: software yang cara kerjanya seperti microsoftoffice; software untuk membangun web site misalnya PHP, HTML, AJAX, Perl, Java; sementara untuk database server terdapat MySQL, PosGreeSQL. Dan tentunya masih banyak lagi sistem maupun aplikasi yang bersifat opensource.
Kita dapat mengunjungi alamat web site yang menyediakan free open source code www.freshmeat.net, www.distrowatch.com, www.hotscripts.com, dan masih terdapat jutaan alamat yang menyediakan opensource.

5. Outsourcing

Pada era data ke 5 (Lima) konsep outsourcing muncul. Outsourcingadalah dimana pekerjaan dilakukan oleh orang di luar perusahaan inti. Konsep ini muncul untuk mengurangi beban yang terlalu tinggi pada sumber daya manusia baik pengembangan maupun pengupahan, serta untuk mengurangi resiko-resiko seperti pemberian tunjangan, pesangon dan lain-lain. Pekerjaan dalam outsourcing terbatas pada pekerjaan-pekerjaan fisik. Pekerjaan yang bersifat mengambil keputusan tetap dikerjakan oleh staf perusahaan. Pekerjaan outsourcing misalnya cleaning service, call center, security services, dan lain-lain.
Pada dunia IT, outsourcing juga diterapkan oleh Amerika (US) dan Negara-negara maju lainnya. Pengembangan perangkat lunak sudah tidak lagi terpusat di perusaan inti, pemilik perusahaan yang biasanya dinegara maju seperti Amerika, Rusia, Jerman, tetapi dikerjakan oleh staf IT negara-negara berkembang seperti India dan China. India saat ini merupakan pusat outsourcing pengembangan software terbesar didunia. Setiap layanan, call center, operasi pendukung bisnis atau pengetahuan, yang dapat diubah ke dalam bentuk digital bisa dilimpahkan secara global kepada pemberi layanan paling murah, pandai, dan efisien.
6. Offshoring
Pada era datar ini China melakukan perubahan besar dengan bergabung dengan WTO (World Trade Organization). Terjadi perubahan dari ekonomi tertutup ke ekonomi terbuka. Dengan bergabung dengan WTO China melakukan perubahan-perubahan yang mendasar dengan menyetujui aturan global tentang import, export, investasi dan lain-lain. Pada proses ini Amerika malakukan investasi dan training di China. Sejak bergabung Cina dengan WTO perkembangan dan perubahan di China mulai dirasakan oleh Amerika dan negara sekitarnya. Hal ini dikarenakan China melakukan kolaborasi offshoring. Offshoring adalah bila suatu perusahaan mengambil salah satu pabriknya yang beroperasi di Canton, Ohio dan memindahkan seluruh pabrik ke luar negeri, Canton, China. Di luar negeri ini, pabrik itu memproduksi produk yang persis sama dan dengan cara yang juga sama, hanya saja dengan upah lebih murah, pajak lebih rendah, energi tersubsidi, biaya pengobatan lebih rendah.
Perkembangan yang begitu cepat yang dialami oleh China membuat negara lain juga mengikuti kecepatan perubahan yang dilakukan oleh China. Banyak perusahaan di Negara maju pindah pabrik ke China dengan fungsi yang sama, memproduksi barang yang sama, namun memiliki kelebihan dibandingkan di Negara maju, misalnya pajak rendah, tenaga kerja murah, energi yang disubsidi.

7. Supply Chaining
Supply-Chaining adalah suatu metoda bekerja sama secara horisontal antar para penyalur, pengecer, dan customers untuk menciptakan nilai baru. Semua proses dari delivery, sorting, packing, distribution, buying, manufacturing, reordering, delivery hanya dalam satu perusahaan/company. Supply-chaining memungkinkan membuat dunia menjadi datar, terutama meratakan perusahaan itu sendiri. Semakin banyak rantai yang saling berhubungan satu dengan lainnya ini akan menghilangkan friksi, sehingga semakin banyak efisiensi yang didapat, juga mendorong untuk melakukan kolaborasi secara global. Pada proses ini pula tekanan untuk para pekerja semakin tinggi dimana kinerja mereka harus kompetitif dan produk yang dihasilkan juga mau tidak mau juga harus kompetitif. Supply channing ini juga membawa dampak pada banyak terjadi pemotongan biaya bahkan hingga gaji.
Dalam proses membuat menjadi kompetitif dan efisiensi ini munculah teknologi RFID (radiofrequency identification microchips). Teknologi ini adalah pengganti barcode yang biasanya dicetak di box. Konsep RFID hampir sama dengan barcode, yaitu untuk memberikan identitas pada suatu object tertentu. RFID mengeluarkan nomor identitas.mikrocip terdapat antenna deteksi, antenna ini mengirimkan sinyal, sehingga dapat diidentifikasi untuk dibaca secara bahasa manusia. Nomor identitas inilah yang digunakan untuk mengenali suatu obyek. Karena menggunakan teknologi radio maka semua barang dapat dideteksi tanpa harus berurutan, dengan menggunakan teknologi ini manusia dan barang dapat dideteksi secara otomatis.
8. Insourcing
FedEx dan UPS (United Parcel Service) merupakan beberapa perusahaan yang membuat dunia ini semakin datar. Jasa pengiriman paket ini juga menjangkau jasa logistic. Moto daru perusahaan UPS ini adalah “Your World Synchronized“. Mereka ingin melakukan sinkronisasi dan kolaboasi dari berbagai penjuru dunia. Mereka tidak hanya mengirimkan barang namun mereka melakukan sinkronisasi global suplay chains untuk perusahaan kecil maupun besar.
UPS merancang suatu program perangkat lunak yang mengijinkan customer untuk mengecek sudah sampai dimana posisi barang yang mereka kirim atau mereka terima. Customer dapat mengatakan ke UPS, “aku ingin lihat paket yang melalui atau sampai ke pusat kegiatan yang dikirim dari Cali Kolumbia, ke Miami yang dikirim oleh Carlos.” Atau “aku ingin lihat paket apapun yang dikirim dari Jerman ke Amerika Serikat oleh Osamai.”
Ketika paket tiba masuk dalam proses penyortiran, komputer UPS Akan otomatis mengarahkan paket itu kepada customer office di cabang UPS.Dengan menggunakan teknologi computer semua proses akan semakin efisien. Dan tidak dapat di interupsi alur dari suatu paket tersebut. Proses ini mengefisiensikan waktu, biaya perusahaan maupun biaya dari klien, dan juga memungkinkan untuk me-recycle modal Dana yang ada.
Kolaborasi dan kreasi horizontal membuat nilai baru. Kolaborasi antara pemilik eBay, UPS, PayPal dan pembeli merupakan contoh bagaimana mereka melakukan kolaborasi untuk membuat nilai baru yang saling menguntukan berbagai pihak. Dimana eBay adalah situs untuk penjualan; UPS adalah layanan untuk pengiriman barang; PayPal untuk proses pembayaran berbasis elektronik. Pembeli dapat melakukan pembelian dengan mudah karena didukung oleh kolaborasi besar antara perusahaan yang berkompeten dalam bidang masing-masing.
9. In-forming
In-Forming adalah individu yang melakukan open-sourcing, outsourcing, insourcing, supply-chaining, dan offshoring. Informing bisa disebut kemampuan untuk membangun dan menyebar supply-chain pribadinya sendiri tentang informasi, pengetahuan, dan entertainment.
Pada era datar ini Google, Yahoo!, MSN Web Search menjadi punggawa mesin pencarian di dunia internet saat ini. Secara umum cara kerja mesin ini adalah selalu mengumpulkan informasi detail dari seluruh situs yang ada didunia detik-demi detik. Hasil tersebut akan diolah oleh mesin pencari untuk membantu setiap orang ketika mencari sesuatu di internet. Data tersebut diolah oleh mesin untuk mencari jutaan kemungkinan yang ada. Kita akan selalu menemukan informasi apapun di internet karena bantuan dari mensin pencari tersebut. Ketiga situs ini perdetiknya dapat membantu miliaran orang dalam pencarian, dengan keakurasian yang tinggi.
Selain canggih dalam pencarian, ketiga situs tersebut juga mampu memberikan layanan ke semua orang untuk membangun komunitas-komunitas tertentu. Sehingga mereka yang dalam satu komunitas mampu melakukan sharing, komunikasi, mengorganisasi, membangun dan berbagi pengetahuan. Yahoo groups mampu menjebatani kebutuhan komunikasi komunitas. Setiap orang dapat membangun groupnya sendiri dengan model private, semiprivate, atau public group.
Blogging merupakan tawaran baru yang dapat digunakan untuk menyebarkan informasi yang di olah sendiri, untuk melakukan branding pribadi tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun.

10.
The Steroids
Steroid adalah cairan kimia karbon skeleton yang memiliki 4 ring. Steroid terdiri dari 4 unsur didalamnya yaitu estrogen, cortisol, progesterone, and testosterone. Kegunaan bisa macam-macam salah satu misalnya untuk menguatkan dan membesarkan badan sehingga menjadi kekar. Steroid disini adalah gabungan antara digital, mobile, personal, virtual yang ketika digabungkan menjadi kekuatan maha dasyat.
Digital: semua informasi yang bertebaran sekarang hampir semua disajikan dalam bentuk digital. Revolusi besar terjadi di dunia Foto, kamera foto semua berubah ke digital, dan bahkan handphone juga menyajikan camera digital. Banyak keuntungan dengan model digital, misalnya mudah dalam pengiriman, tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang besar, mudah dirubah atau diperbaiki, mudah dalam pencarian, mudah dibawah kemanapun akan pergi, dapat disimpan diberbagai tempat, dan masih banyak lagi kemudahan dari model digital ini.
Mobile: model komunikasi sekarang mengarah ke bentuk mobile yang artinya dapat dibawa dan dipindahkan kemanapun berada dan bersifat wireless (tidak menggunakan kabel). Alat komunikasi berbasis mobile misalnya Bluetooth, Wifi, GSM, CDMA, dan tidak lupa Satelite yang menjadi jembatan besar alat komunikasi masa kini. Alat yang bersifat mobile ini mampu menjebatani komunikasi darimanampun berada. Dengan realtime alat-alat ini mengirimkan data ke seluruh penjuru, sehingga waktu pengiriman menjadi lebih singkat.
Personal: hampir semua kegiatan dapat dilakukan dan dimiliki secara personal. Hampir semua pribadi saat ini memiliki blog pribadi yang digunakan untuk kepentingan dirinya sendiri baik untuk mempublikasikan karyanya maupun untuk promosi. Peralatan-peralatan mengarah ke sifat pribadi, saat ini notebook, laptop atau sejenisnya sengaja diciptakan untuk pengguna pribadi. PDA (personal digital assistant) sebagai sekretaris pribadi juga merupakan alat untuk membantu diri agar segala urusan bisa tertata dan terjadwal dengan baik.
Virtual: virtual yang saya pahami pahami adalah: sebenarnya ada tapi ngak ada dan bisa juga ngak ada tapi ada. Sehingga banyak sekali yang menggunakan konsep virtual. Misalnya virtual metting, virtual private network (VPN), virtual machine, virtual class, virtual office, virtual conferencedan masih banyak virtual yang lain.
Virtual metting hampir sama dengan virtual conferencebiasanya digunakan untuk pertemuan yang letaknya sangat berjauhan. Setiap orang dapat saling berkomunikasi dan dapat melihat satu sama lain dari tempatnya masing-masing meski jarak berjauhan. Meeting bersifat virtual ini tentu sangat menghemat biaya dan waktu karena tidak harus berkumpul disuatu tempat tertentu.
Virtual Memory adalah resource penting dalam organisasi komputer. Komponen ini hanya berfungsi menyimpan data secara sementara. Konsep virtual memori digunakan agar dapat mengakses data pada memory lebih cepat dibandingkan mengaksesnya ke harddisk.Virtual private network (VPN): merupakan jaringan yang bersifat virtual yang merupakan suatu bentuk private internet yang melalui public network (internet), dengan menekankan pada keamanan data dan akses global melalui internet. Hubungan ini dibangun melalui suatu tunnel atau terowongan virtual antara 2 node.
Virtual class: adalah ruang maya (internet) yang digunakan untuk proses belajar mengajar. Materi yang disampaikan dapat di download di situsnya. Model komunikasipun di desain tanpa harus dapat di ruang kelas konvensional. Komunikasi bisa menggunakan email dan chating.
Globalisasi Lokal
Begitu fase pendataran dalam globalisasi mendapat momentum muncul kekhawatiran yang besar dan masuk akal di seluruh dunia bahwa globalisasi berarti Amerikanisasi. Kekhawatiran ini dipertimbangkan bukan tidak masuk akal karena didasarkan pada anggapan bahwa aneka pabrik, penyedia layanan, merek, pembuat film, penyanyi, penghibur, perancang busana, serta jaringan restoran fast food dari Amerika berada di posisi terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari mendatarnya dunia. Meskipun demikian, bila kebudayaan dicermati secara lebih jauh, di sana tampak ada alasan untuk berharap bahwa mendatarnya dunia tidak serta merta memberikan jalan untuk penyerangan kebudayaan Amerika. Tentunya, jelas bahwa di samping tatanan dunia datar memiliki potensi untuk menyeragamkan budaya, saya juga berkeyakinan bahwa lebih berpotensi untuk menumbuh suburkan keanekaragaman hingga tingkat yang belum pernah kita saksikan.
Uploading membuat proses globalisasi akan sesuatu yang sifatnya lokal menjadi mungkin. Fakta bahwa banyak orang di seluruh dunia kini memiliki alat untuk mencipta dan meng-uploadmateri-materi sendiri adalah kekuatan yang luar biasa untuk melestarikan serta memperkuat otonomi dan kekhususan suatuu budaya. Makanan yang paling populer bukanlah Big Mac melainkan pizza. Pizza hanyalah selembar adonan rata, tempat setiap kebudayaan dapat menambahi dan membumbui dengan rasa yang berbeda seperti Jepang memiliki pizza sushi, Thailand memiliki pizza Thai, dan Lebanon memiliki pizza mezze. Pada saat yang sama, ada fakta bahwa masyarakat di negara yang terus berkembang seperti India dan China akan mampu melakukan inovasi tanpa berimigrasi. Hal ini berarti bahwa kebudayaan lokal memiliki peluang lebih untuk dilestarikan.
Bahkan secara lebih jauh lagi sekalipun para individu telah tercabut dari akarnya dengan berpindah dari negara berkembang ke negara Barat, mereka telah dapat mengambil manfaat dari mendatarnya dunia, untuk tetap berpegang pada banyak aspek kebudayaan lokal mereka. Berkat kemungkinan mereka untuk membaca surat kabar lokal secara online; berkomunikasi dengan keluarga dan teman melalui teknologi pengiriman suara melalui internet; kekuatan yang memberi kekhususan kini setara dengan kekuatan penyeragaman.
Sebuah era ketika semua orang punya kesempatan yang sejajar atau sama; yang minim pengalaman bisa melampaui yang memiliki segudang pengalaman, yang minim modal bisa mengalahkan yang bermodal besar. Seringkali juga bocah yang masih belasan tahun bisa melampaui pencapaian orang yang sudah meniti karir selama puluhan tahun. Terkadang pula, orang yang hanya bekerja sendiri di depan komputer bisa melewati pencapaian yang bekerja secara tim di kantoran.

About The Author

Related posts

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *